Friday 20 February 2015

#ThrowbackThursday

First of all, i'd say Happy Chinese New Year for everyone who celebrate it! May happiness and prosperity will always be around us today and forever yaayy!^^
Seperti judulnya, kali ini kita bakal membahas tentang #ThrowbackThursday a.k.a #TBT. FYI, sebenernya sih postingan ini mau aku post kemarin, tapi gara-gara laptop tiba-tiba error dan akhirnya harus nunggu beberapa saat sampe bisa bener, eh begitu bener malah lupa mau nge-post *kokmalahcurcol--" Ok, back to the main topic, hashtag ini populer banget dikalangan pengguna instagram & twitter. Sebenernya apa sih #ThrowbackThursday itu? Jangan sampe kita nge-post sesuatu di insta terus kasi hashtag #tbt tapi ngga tau artinya apa cuma biar keliatan gawl :v

Pengguna instagram memposting foto ini di account mereka
pake hashtag #ThrowbackThursday.      

ada lebih dari 46 juta foto yang dipost di instagram
 menggunakan hashtag #ThrowbackThursday



Well, sebenernya istilah #ThrowbackThursday sampe saat ini belum masuk ke dalam KBBI atau kamus resmi manapun, tapi menurut Urban Dictionary (http://www.urbandictionary.com/) #ThrowbackThursday / tbt, adalah singkatan yang biasa digunakan sebagai caption foto yang diupload ke internet untuk menunjukan bahwa foto tersebut diambil beberapa waktu yang lalu (bisa diartikan beberapa tahun, minggu, bulan, dsb). Misalnya gini : #ThrowbackThursday chilhood memories, with my sister (picture attached)
Jadi kalo misalnya nih, ada yang nge-post foto kucingnya lagi bobok terus dikasi caption throwback thursday, eerrr... seriously?

Terus bedanya #ThrowbackTuesday sama #ThrowbackThursday apaan? 
Gini, sebenernya itu sama aja. Enggak ada aturan khusus kapan kamu harus nge-post foto throwback-mu. Tapi beberapa ig-ers memang meng khususkan itu nge-post foto throwback di hari selasa atau kamis. Karena di hari yang lain, mereka juga ada hashtag lain untuk foto yang bakal mereka post, kayak #ManCrushMonday, #WomanCrushWednesday, #MusicMonday etc. Yaaa.. singkatnya, hashtag disesuaikan dengan huruf awal hari tersebut. Jadi mereka bisa nge-post di instagram secara rutin. Misalnya, hari ini senin, jadi aku mau ngepost fotonya Niall terus aku kasi hashtag #ManCrushMonday <3 wkwkw :p. Terus hari kamis aku mau ngepost fotoku pas kecil kasi hashtag #tbt. Jadi account instagram mereka ngga akan pernah sepi, karena tiap hari ada "jadwal" foto yang harus diupload di ig.

Terlepas dari "sekedar hashtag" dan "sekedar seneng-seneng" aja, Kalo dimaknai secara serius, #Tbt punya makna yang dalem. Dengan 'throwback' berarti kita melihat kembali ke belakang, apa aja yang udah kita lakukan selama hidup kita. Juga, dengan thowback, membuat kita nggak akan pernah lupa dari mana kita berasal, jalan apa saja yang telah kita lalui, siapa saja yang pernah ada di dalam hidup ini dan mengantarkan kita hingga sejauh ini. Simple nya, kalo mau dimaknai serius, throwback itu kayak refleksi. Tapi karena nggak semua orang suka refleksi, atau punya waktu untuk refleksi, #tbt bisa jadi 'alternatif'. Bedanya sama refleksi, kalo #tbt, orang cenderung lebih suka mengenang kenangan yang indah atau baik-baik aja. Salah satunya mungkin karena di share ke orang lain juga.

Ada yang bilang, kalau hidup jangan suka ngeliat ke belakang. Some people agree with that statement, tapi kalo aku kurang setuju. Karena dengan ngeliat ke belakang, kita bisa liat seberapa besar perubahan yang telah kita buat dalam hidup kita dan jadi termotivasi. Dan kalo itu kenangan yang baik, kenangan itu bakalan jadi semacem "cinderamata" yang ada di otak kita dan nggak akan pernah hilang, contohnya kenangan masa kecil, kenangan jadi juara kelas, kenangan dapet hadiah, etc.

Aku termasuk salah satu orang yang suka 'throwback', asyik aja. Kadang banyak juga pengalaman-pengalaman lucu yang bikin ketawa sendiri :3 Suatu hari aku pernah throwback dan sadar, banyak hal yang udah aku lalui, meskipun aku hidup di dunia ini belom lama. Aku inget-inget lagi, dulu waktu SD aku pernah punya cita-cita jadi penulis, komikus, fotografer, punya kedai kopi, jadi kasir, dll. Sekarang sih malah bingung kalo ditanyain soal life-goal wkwk.. yaahh orang sih mesti punya life goal ya, tapi kadang life goal emang nggak selalu sejalan sama jalan hidup. Dulu aku pernah mau belajar bahasa Mandarin, Korea, Jepang, Prancis, tapi nggak pernah sampe tuntas. Dulu aku pernah mau nulis novel, tapi baru berapa halaman terus mangkrak, karena ngga ada mood untuk ngelanjutin. Dulu sempet mau daftar jadi model cover majalah, tapi setelah diinget-inget lagi, dulu aku pendek banget and really, i'm not photogenic at all. Dulu aku punya cita-cita masuk salah satu SMA favorit, dan sekarang aku udah diterima di sekolah itu lewat jalur prestasi. Beberapa tahun yang lalu, aku pengin banget nonton konser band favoritku~ karena keliatannya impossible banget mereka mau kesini, eh taunya beberapa taun setelah itu, aku bisa beli tiketnya dan tinggal countdown aja *One Direction i'm comiiiinggg~ :* Hal-hal itu yang bikin aku jadi "Oiya, kayaknya aku mesti ngelanjutin novelku deh" atau "Oiya, kayaknya mulai belajar Mandarin lagi asik nih" dan bermacam oiya-oiya yang lain. Hal itu juga yang bikin aku termotivasi lagi, membangkitan api "semangat lama" yang udah mulai padam. Memunculkan cita-cita lama atau ide-ide yang belum sempet diwujudkan di masa lalu, dan mewujudkannya lagi saat ini.

#Tbt buat aku bukan sekedar hashtag, #tbt kayak 'time travel' ke masa lalu. Mengenang lagi sesuatu yang udah lalu dalam hidup kita, terus kita bagikan pengalaman itu ke seluruh dunia, bonusnya kita dapet 'like' dari orang yang mungkin pernah mengalami hal yang sama atau bahkan ada di dalam kejadian itu. So guys, what are you waitin' for? Start scanning your old photos and post it with the hashtag #ThrowbackThursday! I'll see ya next time! ;) xoxo





Disclaimer :
All these picture were sceen captured and taken by myself. 
Any thoughts here are purely my own. 
Tags :
ThrowbackThursday, TBT, What does TBT means, Throwback


No comments:

Post a Comment