Monday 2 March 2015

TODAY NEWS

 CHINA SELIDIKI ANAK MANTAN JENDERAL MILITER TERKAIT DUGAAN KORUPSI

China Selidiki Anak Mantan Jenderal Militer Terkait Dugaan Korupsi


Beijing - Pengadilan China tengah menyelidiki 14 pejabat senior militer terkait kasus korupsi. Salah satunya ialah anak mantan jenderal militer, yang pernah memegang jabatan penting dalam korps militer China.

Dalam pernyataannya, seperti dilansir Reuters, Senin (2/3/2015), Kementerian Pertahanan China menyebut salah satu pejabat militer yang diselidiki ialah Guo Zhenggang. Dia merupakan anak Guo Boxiong yang seorang purnawirawan jenderal dan terakhir menjabat Wakil Ketua Komisi Militer Pusat tahun 2013 lalu.

Guo Zhenggang (45) yang berpangkat Mayor Jenderal ini, menjabat Wakil Ketua Komisioner Politik untuk wilayah Zhejiang. Menurut Kementerian Pertahanan, Guo tengah diselidiki atas kecurigaan pelanggaran hukum.

Namun tidak disebut lebih lanjut kasus yang menjeratnya. Di China, tindakan melanggar hukum seringkali menjadi sebutan halus untuk tindak pidana korupsi.

Rumor yang menyebut Guo terseret kasus korupsi sebenarnya sudah beredar luas di kalangan media massa China. Namun Guo sendiri belum bisa dimintai komentar atas kasusnya ini.

Berita soal kasus korupsi yang menjerat Guo ini, muncul setelah salah satu mantan pejabat tinggi militer China yang bernama Xu Caihou, mengaku dirinya menerima suap dalam jumlah besar, sebagai imbalan atas bantuan kenaikan pangkat.

Kementerian Pertahanan menyatakan, pengumuman soal penyelidikan korupsi terhadap pejabat tinggi militer ini dimaksudkan untuk menunjukkan keseriusan penyelidikan korupsi dalam tubuh militer.

"Militer benar-benar serius memerangi korupsi," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan China.

Presiden Xi Jinping mengepalai Komisi Militer Pusat, yang mengawasi sekitar 2,3 juta personel militer China. Saat awal menjabat, Presiden Xi bersumpah akan menjadikan pemberantasan korupsi dalam tubuh militer sebagai salah satu tujuan utamanya.

sumber : detik.com

OPINI :

Saya setuju dengan langkah pemerintah China dalam memberantas korupsi. Hukum seharusnya berlaku adil dan tidak berat sebelah. Tidak memandang apakah itu pejabat atau rakyat kecil. Apabila melakukan sesuatu yang melanggar hukum, harus dikenakan sanksi yang berlaku. Terlebih apabila yang dilakukan merugikan negara seperti korupsi.

Indonesia seharusnya dapat mencontoh negara China dalam hal penegakan hukum yang tegas. Karena menurut saya hukum di Indonesia masih tergolong lemah. Para penegak hukum di Indonesia seringkali masih belum dapat bertindak adil. Hukum di Indonesia masih terkesan berat sebelah. Banyak kasus seperti pejabat yang korupsi namun dapat bebas.
Indonesia masuk dalam salah satu negara terkorup di dunia. Padahal Indonesia memiliki banyak lembaga pemerintah yang sudah berkomitmen untuk memberantas korupsi, namun lembaga yang bersangkutan malah melakukan korupsi yang merugikan negara. Saya rasa apabila hal ini terus terjadi, pantas apabila Indonesia disebut sebagai negara BERKEMBANG, dan bukan negara MAJU  sampai beberapa puluh tahun ke depan.

Hal korupsi, menurut saya adalah suatu hal yang bisa 'dipupuk' maupun dicegah sejak dini. Dimulai dari siswa di sekolah. Mengapa dapat dipupuk? karena apabila kegiatan seperti mencontek, berbuat curang, dsb yang dilakukan siswa disekolah tidak segera di tangani, siswa tersebut akan menganggap hal itu wajar dan akan terus melakukannya. Lebih perahnya lagi, semakin bertambahnya usia ia akan mengembangkan kecurangan-kecurangan kecil itu menjadi kecurangan yang lebih besar nantinya. Seperti korupsi.

Namun hal tersebut tentu bisa kita cegah. Sebagai siswa, kita harus membiasakan diri untuk berbuat jujur dan taat aturan mulai dari hal kecil. Karena, kita adalah masa depan Indonesia. Mau jadi apa Indonesia kalau para pemimpinnya kelak gemar berbuat curang?
Sebagai orang tua dan guru mungkin dapat mengajari anak didiknya untuk berbuat jujur. Karena apa yang diajarkan oleh Anda tentu akan berpengaruh bagi bangsa kita nantinya.

Kesimpulannya, korupsi tidak terjadi begitu saja. Pasti ada suatu proses. Nah, kitalah yang akan menentukan masa depan Indonesia esok. Indonesia seperti apa yang kita inginkan? Tentunya Indonesia yang maju dan bersih dari korupsi. Maka marilah kita bersama-sama memberantasnya mulai dari sekarang!

No comments:

Post a Comment